Analisis Data Menjadi Lebih Mudah Dengan Jupyter Notebook

Jupyter Notebook menggabungkan kode langsung, grafik, visualisasi, dan teks dalam kitab catatan yang dapat diberikan yang dijalankan di browser web

Pada titik tertentu, kita semua perlu mengindikasikan pekerjaan kita. Sebagian besar kegiatan pemrograman diberikan baik sebagai kode sumber mentah atau sebagai executable yang dikompilasi. Kode sumber menyerahkan informasi lengkap, namun dengan teknik yang lebih “memberi tahu” daripada “menunjukkan.” Eksekusi menunjukkan kepada kita apa yang dilaksanakan perangkat lunak, namun bahkan ketika diantarkan dengan kode sumber, akan susah untuk mengetahui dengan tepat bagaimana teknik kerjanya.

Bayangkan dapat melihat kode dan menjalankannya di UI yang sama, sampai-sampai Anda dapat membuat perubahan pada kode dan melihat hasil dari perubahan tersebut secara instan, dalam masa-masa nyata? Itulah yang ditawarkan Jupyter Notebook.

Jupyter Notebook diciptakan untuk membuatnya lebih gampang untuk mengindikasikan pekerjaan pemrograman seseorang, dan untuk membiarkan orang alin bergabung. Jupyter Notebook memungkinkan Anda untuk menggabungkan kode, komentar, multimedia, dan visualisasi dalam dokumen interaktif – dinamakan notebook, secara alami – yang dapat diberikan , dipakai kembali, dan kembali bekerja.

Dan sebab Jupyter Notebook berjalan melalui browser web, notebook itu sendiri bisa di-host di mesin lokal Anda atau di server jauh.

Manfaat Jupyter Notebook

Awalnya dikembangkan untuk software ilmu data yang ditulis dengan Python, R, dan Julia, Jupyter Notebook bermanfaat dalam segala macam teknik untuk semua jenis proyek:

  • Visualisasi data. Kebanyakan orang mempunyai eksposur pertama mereka ke Notebook Jupyter melalui visualisasi data, suatu notebook bersama yang merangkum rendering dari beberapa data yang diputuskan sebagai grafik. Jupyter Notebook memungkinkan Anda menciptakan visualisasi, tetapi membagikannya dan memungkinkan perubahan interaktif pada kode dan kelompok data yang dibagikan.
  • Berbagi kode. Layanan cloud seperti GitHub dan Pastebin menyediakan teknik untuk berbagi kode, tetapi sebagian besar tidak interaktif. Dengan Jupyter Notebook, kita dapat melihat kode, menjalankannya, dan memperlihatkan hasilnya langsung di browser web Anda.
  • Interaksi langsung dengan kode. Kode Notebook Jupyter tidak statis; hal tersebut dapat diedit dan dijalankan kembali secara bertahap, dengan umpan balik yang diserahkan langsung di browser. Notebook pun dapat mencantumkan kontrol pemakai (misalnya Bilah geser atau bidang input teks) yang dapat dipakai sebagai sumber input untuk kode.
  • Sampel kode -Documenting. Jika kita mempunyai sepotong kode dan Anda hendak menjelaskan secara bertahap teknik kerjanya, dengan umpan balik langsung di sepanjang jalan, Anda bisa menanamkannya di dalam Notebook Jupyter. Yang terbaik dari semuanya, kode akan tetap bermanfaat full — Anda bisa menambahkan interaktivitas bersama dengan penjelasan, yang diperlihatkan dan diceritakan pada saat yang bersamaan.

Komponen Notebook Jupyter

Notebook Jupyter bisa mencakup beberaoa jenis bahan, masing-masing diorganisasikan ke dalam blok-blok tersendiri:

  • Teks dan HTML. Teks biasa, atau teks yang dianotasi dalam sintaks Markdown untuk menghasilkan HTML, bisa dimasukkan ke dalam dokumen kapan saja. Gaya CSS juga dapat dimasukkan inline atau ditambahkan ke template yang dipakai untuk menghasilkan notebook.
  • Kode dan output. Kode dalam kitab catatan Jupyter Notebook biasanya adalah kode Python, meskipun Anda bisa menambahkan dukungan di lingkungan Jupyter Anda untuk bahasa lain seperti R atau Julia. Hasil kode yang dieksekusi muncul segera sesudah blok kode, dan blok kode bisa dieksekusi dan dieksekusi kembali dalam urutan yang kita suka, sesering yang Anda suka.
  • Visualisasi. Grafik dan grafik dapat didapatkan dari kode, dengan modul seperti Matplotlib, Plotly, atau Bokeh. Seperti keluaran, visualisasi ini hadir sebaris di sebelah kode yang menghasilkannya. Namun, kode juga dapat dikonfigurasi untuk menyebutkannya ke file eksternal andai diperlukan.
  • Multimedia. Karena Jupyter Notebook di bina dengan teknologi web, ia dapat memperlihatkan semua jenis multimedia yang didukung di halaman web. Anda bisa memasukkannya dalam kitab catatan sebagai unsur HTML, atau Anda bisa membuatnya secara terprogram melewati modul IPython.display.
  • Data. Data bisa disediakan dalam file terpisah di samping file .ipynb yang adalahnotebook Jupyter Notebook, atau bisa diimpor secara terprogram — misalnya, dengan memasukkan kode dalam notebook untuk mendownload data dari repositori Internet publik atau mengaksesnya melewati koneksi basis data.

Comments are closed.

Proudly powered by WordPress
Theme: Esquire by Matthew Buchanan.

Please wait...

Subscribe to our newsletter

Ingin mendapatkan Artikel Terbaru setiap minggunya? Daftarkan email kamu sekarang juga.